Membuat Dialog Box atau MsgBox Menggunakan Visual Basic 6.0

Pada kesempatan kali ini saya akan coba membuat dialog box dengan menggunakan aplikasi VB 6.0 Sebelumnya apa sih itu dialog box? 

Dialog box yaitu membuat jendela dialog dengan pesan agar pengguna memberikan tanggapan dengan meng-klik salah satu tombol yang ada (muncul). DialogBox sering kita jumpai pada handphone yang anda genggam saat ini, 

contohnya pada saat anda hendak menghapus pesan yang ada di inbox handphone anda, dan masih banyak contoh lain yang berhubungan dengan IT. Dibawah ini ada contoh sederhana membuat msgbox (dialog box), setelah dibuka aplikasi visual basic 6.0, buatlah tampilan pada lembar design seperti berikut : 

Setelah membuat design seperti itu, mulailah untuk memasukan codingannya. 

Contoh coding / Listingnya seperti ini :


Setelah anda memasukan coding seperti gambar diatas kemudian run (jalankan) / tekan F5 maka akan tampil gambar seperti :


Selanjutnya tekan OK dan akan muncul perintah untuk mengisi data :


Isi data tersebut,Misal : 


Setela di isi atau memasukan data, kemudian tekan "OK" akan tampil :

 

Jika proses telah selesai, tekan "OK" maka akan kembali ke menu awal. Untuk keluar dari program, tekan tombol "EXIT" akan muncul peringatan seperti :

 

Tekan "OK" untuk kembali ke project awal / keluar, atau tekan "CANCEL" untuk tetap pada menu editor. Sekian contoh pembuatan program sederhana msgbox/dialog box pada aplikasi VB 6.0 kali ini. 


Semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 komentar:

Post a Comment

 
close