Apa itu Fritzing?

Assalamu’alikum Bloggers!
Oke, kali ini Saya akan berbagi tentang Software perancangan skematik elektronika dengan menggunakan Fritzing. Apa itu Fritzing?
Fritzing merupakan perangkat lunak open source untuk perancangan perangkat keras (elektronik) yang ditujukan untuk mendukung desainer, artis, ataupun hobyist agar bisa bekerja secara kreatif dengan perangkat elektronik interaktif. [fritzing.org]
Seperti kutipan di atas, Fritzing ditujukan untuk para artis, desainer, ataupun pada mereka yang hobi mengutak-atik perangkat elektronik interaktif seperti arduino dan perangkat dari Sparkfun agar dapat dengan mudah mendokumentasikan rancangan yang mereka buat. Karena tujuan itu, antarmuka Fritzing dibuat seinteraktif dan semudah mungkin agar bisa digunakan oleh orang yang minim pengetahuannya tentang simbol dari perangkat elektronika.  Di dalam Fritzing, sudah terdapat skema siap pakai dari berbagai macam mikrokontroller Arduino serta shieldnya (software ini memang khusus dirancang untuk perancangan dan pendokumentasian tentang produk kreatif yang menggunakan mikrokontroller Arduino). Jadi Anda yang hobi mengutak atik Arduino, akan mendapatkan manfaat yang besar dari perangkat lunak ini.
Cara pemakainnya pun sangat mudah, karena Software ini menggunakan konsep drag n drop. Anda tinggal memilih komponen yang Anda inginkan pada bagian Parts, drag komponen tersebut pada main windows lalu drop. Begitu juga dengan pengkabelannya, tinggal drag n drop.
Secara otomatis, Fritzing akan menggenerasikan 3 buah layout, yaitu gambar Breadboard, Skematik, serta PCB. Breadboard merupakan layout(gambar) yang akan menampilkan gambar komponen asli (fisik). Skematik merupakan layout yang akan menampilkan gambar berupa rancangan skematik dari rangkaian yang Anda buat. Sedangkan PCB merupakan layout yang akan menampilkan gambar berupa rancangan pada PCB. Berikut ini contoh screen shot dari ketiga layout yang ada:

Breadboard Layout

fritzing_screenshot_2.jpg (860×640)
Skematik Layout

fritzing_screenshot_3.jpg (859×637)

PBC Layout

Sekian dulu share dari Saya, semoga bermanfaat dan happy arduino:D
Wassalamu’alaikum !

0 komentar:

Post a Comment

 
close