Cara Sharing Koneksi Internet dengan VMware Fedora

Hello sobat blogger semua, pada kesempatan ini saya akan memberi tutorial bagaimana cara sharing koneksi internet ke fedora yang dioprasikan dengan menggunakan VMware virtual machine. Di tutorial ini saya menggunakan sambungan wi-fi yang ada di kampus saya, yaitu UEU. cara ini bisa anda lakukan apabila anda terkoneksi dengan sambungan wifi dimanapun anda berada. Berikut tutorialnya :

1. Klik start > all programs > vmware > virtual network editor, penampakannya aka seperti ini :




2. Setelah jendela network editor muncul pilih host connection yang ada di VMnet 8, ganti subnet IP sesuka anda, disini saya pakai 192.168.64.0 dan subnet mask 255.255.255.0. bila sudah klik OK.


3. Buka VMware, pada tab hardware klik network adapter pastikan settingan untuk network nya seperti ini :




4. Setelah selesai, buka control panel > network and sharing center > change adapter setting di pojok kiri seperti di bawah ini :


5. Setelah selesai tinggal area wifi mana yang terlihat. Jangan lupa di connect dulu, setelah anda terkoneksi dengan wifi anda seperti di bawah ini, lalu klik kanan > status.




6. Setelah jendela status terbuka, klik detail dan akan muncul network detail, ingat yang disamakan hanya IPv4 address dan IPv4 subnet mask saja.




8. Setelah jendela properties terbuka klik IPv4 > properties, lalu masukan default gateway tadi seperti yang kita lihat di gambar no 6, lalu klik OK.





9. Setelah setting IP selesai, kita coba PING dari command prompt windows, caranya winkey + R ketik cmd, lalu enter. 


10. Setelah jendela cmd terbuka ketikan perintah "ping 192.168.64.14" tanpa tanda kutip, ip addres juga bisa anda ganti sesuai yang anda masukan di gambar no 1. bila berhasil akan muncul pesan reply from bla bla bla


11. Selanjutnya tinggal ping dari terminal fedora, jika berhasil seperti biasa akan ada perintah reply from bla bla 


12. Selesai sudah, anda dapat berselancar di dunia internet. Karena Sharing koneksi internet sudah berhasil.




13. Jika jaringan wifi anda memakai ip proxy otomatis akan terjadi error, atau tanda belom terkoneksi ke jaringan wifi, anda bisa merubah settingan proxy nya di browser fedora tersebut dengan cara Klik Edit > Preferences.




14. Kemudian Klik Tab Advanced > Tab Bawah cari Network > Connection . Pilih samping kanan Settings.




15. Kemudian atur proxi wifi anda, disini saya memakai contoh proxy kampus saya , 192.168.168.3 Port : 8080. Kemudian beri tanda Centang / ceklist di "Use this proxy server for all protocols ". Penjelasan gambar tersebut. 



16. Kemudian klik OK, dan jika keluar muncul wifi autentikasi user dan password masukan dan anda sudah bisa menikmati koneksi internet di virtual machine anda.

Selesai sudah tutrorial yang saya berikan agar anda bisa menikmati akses internet dengan menggunakan sharing koneksi internet melalui virtual machine anda, semoga ini bisa bermanfaat. Jika anda kurang mengerti silahkan tinggalkan komentar dibawah. Sekian dan terima kasih :)

0 komentar:

Post a Comment

 
close