Apa itu Kylix..?

Borland Kylix adalah compiler dan lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) sebelumnya dijual oleh Borland , namun kemudian dihentikan. Ini adalah Linux versi Borland Delphi lingkungan pengembangan perangkat lunak dan C ++ Builder , yang berjalan di bawah Microsoft Windows . Melanjutkan klasik tema Yunani Delphi, Kylix adalah nama untuk cangkir minum Yunani kuno . Yang paling dekat didukung setara dengan Kylix adalah gratis Lazarus paket IDE, dirancang untuk menjadi kode-kompatibel dengan Delphi. Pada 2010 proyek telah dibangkitkan dalam bentuk Delphi cross compiler untuk Mac dan Linux, seperti yang ditunjukkan di Embarcadero Delphi dan C ++ Builder roadmap.


Fitur 

Kylix mendukung pemrograman aplikasi menggunakan Object Pascal dan C ++ , dan sangat cocok untuk pengembangan perintah baris utilitas dan (terutama) GUI aplikasi, tetapi tidak cocok untuk pemrograman tingkat rendah, seperti pengembangan perangkat driver atau modul kernel . [ rujukan? ]

Meskipun berinteraksi buruk dengan banyak Linux jendela manajer , yang IDE pada dasarnya adalah Delphi 5 IDE yang berjalan di atas Wine , dengan kode cepat compiler asli, dan alat-alat untuk kode navigasi, auto-completion, parameter-nama tooltips, dan sebagainya. Debugger mampu, tapi sangat lambat untuk memuat, dan dapat crash seluruh IDE.

Kylix fitur CLX , versi Linux dari Borland VCL [Visual Component Library], yang (kebanyakan) sebuah komponen perpustakaan kontrol berbasis, tidak seperti Visual Basic atauNET 's WinForms . Seperti perpustakaan komponen-berorientasi lainnya, CLX mengandung kedua komponen visual (seperti tombol dan panel) dan komponen non-visual (seperti timer). IDE memudahkan untuk memilih komponen dan menempatkan mereka pada bentuk , mengedit properti dan event dengan "Object Inspector".

Delphi VCL adalah berorientasi objek wrapper lebih baku Win32 kontrol, yang memetakan Win32 pesan dan API untuk properti dan peristiwa dan dengan demikian lebih mudah digunakan daripada API mentah. Dengan demikian, VCL erat terikat ke Windows, dan Kylix yang CLX dibangun di atas Trolltech 's Qt perpustakaan. CLX tidak 100% kompatibel dengan VCL, dan sebagian besar program Delphi membutuhkan beberapa upaya untuk port Kylix, bahkan jika mereka tetap pada perpustakaan Borland dan menghindari panggilan OS langsung. Namun, Qt adalah perpustakaan portabel dan, dimulai dengan Delphi 6, Borland disediakan CLX pada Windows juga, menyediakan ukuran back-portabilitas.


Sejarah 

Pada September 28 Desember 1999, Inprise Corporation mengumumkan pengembangan dari kinerja tinggi Linux lingkungan pengembangan aplikasi yang akan mendukung C, C ++, dan pengembangan Delphi, kode bernama "Kylix", dengan tanggal rilis ditetapkan untuk tahun 2000. 

Pada 24 Maret 2000, Inprise / Borland Perusahaan host lebih dari 200 pihak ketiga penulis, konsultan, pelatih dan alat dan komponen vendor untuk pertama dalam serangkaian peristiwa di seluruh dunia yang dirancang untuk mempersiapkan produk dan jasa pihak ketiga untuk Kylix.

Pada 7 Maret 2001, Borland Software Corporation mengumumkan rilis Borland Kylix, setelah itu telah ditawarkan kepada pelanggan AS Dell Precision 220, 420 dan 620 Workstation dimulai pada Februari 2001. 


Danny Thorpe tampaknya telah sebagian besar bertanggung jawab untuk mendapatkan Borland untuk mendanai versi Linux dari Delphi, dan dia melakukan banyak pekerjaan yang diperlukan untuk membuat compiler Delphi menghasilkan executable Linux. [ rujukan? ] Sementara kedua Delphi dan Kylix berjalan pada 32- bit prosesor Intel, Linux menggunakan berbagai konvensi daftar dari Windows dan, tentu saja, format file executable dan perpustakaan yang berbeda; lihat DLL , EXE , ELF untuk rincian.


Penerimaan

Ada tiga rilis dari Kylix, yang semuanya dikritik karena kualitas mereka yang relatif rendah. Versi pertama, khususnya, melanda banyak pengguna [ siapa? ] sebagai betaproduk -quality yang seharusnya tidak pernah dirilis. Versi 2 dan 3 termasuk perbaikan bug, dan porting "perusahaan" yang tersisa dan fitur Builder C ++ dari Delphi 5 Model.[ rujukan? ] Namun, kualitas dipertanyakan [ rujukan? ] dan harga tinggi menyebabkan penjualan yang buruk, dan Kylix memiliki rupanya ditinggalkan: Meskipun referensi Borland sesekali untuk Linux [ rujukan? ] belum ada indikasi bahwa versi Kylix lain yang akan datang. Tidak ada jalur upgrade ke Delphi 2005 atau Delphi 2006, dan tidak tampaknya termasuk dukungan untuk CLX. Selain itu, rilis terakhir dari Kylix berlari di bawah versi sekarang usang dari Linux : Red Hat Linux 7.2, SUSE Linux [. Pro] 8.0 [Kylix, ver. 2-29, Senin 25 Maret 2002 20:01:01] dan Mandrake Linux 8.2. Dengan beberapa tweaking, adalah mungkin untuk menjalankan Kylix pada Slackware Linux 8.x dan 9.x. Kylix akan berjalan di bawah distribusi Linux yang lebih baru [ rujukan? ] tetapi memerlukan beberapa penelitian dan konfigurasi tambahan (misalnya memiliki versi lama dari glibc yang tersedia, dan membuat perubahan lain untuk lingkungan default). 


Legacy 

Pada tahun 2009 Embarcadero diposting arus Delphi dan C ++ Builder roadmap . Sebagai bagian dari proyek Delphi "X" cross kompilasi untuk Mac dan Linux direncanakan.
Embarcadero berencana untuk merilis versi baru dari Kylix (Tanpa kompatibilitas), tetapi tidak akan mengadakan nama khusus (Kylix), ini akan menjadi bagian dari Delphi (dan C ++ Builder) di mana satu dapat kode dan kompilasi di Delphi Jendela IDE dan menyebarkan ke Linux. Versi C ++ Builder akan juga tersedia.

0 komentar:

Post a Comment

 
close